Xbox One adalah generasi terbaru dari XBOX. Mempunyai 8 prosesor untuk membuat pengalaman permainan yang lebih tajam, jernih, dan menyenangkan. Lahir sebagai Xbox Generasi ke tiga. Xbox One memposisikan diri sebagai all-in-one entertainment device yang mendukung bermain game, menonton tv kabel, hingga bersosialisasi melalui beragam aplikasi yang bisa diunduh secara gratis tanpa membutuhkan Gold Subscription sekalipun.

Versi pertama Xbox One dirilis bulan Mei 2013. Hal yang menarik adalah kembalinya ke arsitektur x86. Dengan prosessor khusus untuk Xbox dari AMD 64 bit APU 8 core 2.1 Ghz, 8 GB Ram DDR5, dan 500 GB HDD internal. Selain itu khusus Xbox One X dia memiliki AMD 8 Core, 12 GB Ram DDR5 dan 1 TB HDD Internal atau yang lebih tinggi. Memang spesifikasi tersebut adalah spesifikasi yang biasa di era komputasi modern ini. Tetapi dengan dukungan dari platform Windows Embedded (XBOX OS), Microsoft mengarahkan nilai unik sebuah konsol tidak hanya dari spesifikasi hardware semata melainkan melalui berbagai layanan unik di dalamnya. Berikut adalah hal yang menarik dari Xbox One dibanding Xbox generasi dua (Xbox 360)

  • Xbox One Mendukung input HDMI yang memungkinkan Anda menghubungkan TV, set top box, atau bahkan Xbox 360. Input HDMI akan mengintegrasikan menonton tv sembari bermain game.
  • Xbox One mendukung instalasi parsial yang memungkinkan game tidak harus dipasang secara penuh untuk memulai. Walaupun fitur ini tidak bermanfaat bagi negara berkoneksi cepat, tetapi di Indonesia ini akan sangat membantu.
  • Xbox One mendukung instant switch, pengguna bisa menonton Youtube sembari menunggu game Xbox melakukan loading. Dan jika sudah selesai loading, Xbox One akan memberi notifikasi untuk memulainya.
  • Xbox One mendukung Kinect HD, sebuah antarmuka NUI yang mendukung rekognisi wajah secara akurat, dukungan bermain bersama hingga lebih dari empat orang, dan tentu saja perintah suara untuk mengoperasikan Xbox One.
  • Xbox One mendukung external HDD untuk menyimpan game. Berbeda dengan Xbox 360 yang hanya mendukung USB Mass storage maksimum 32 GB. Pengguna Xbox One dapat menggunakan HDD eksternal di atas 250 GB untuk menyimpan game. Artinya pemain Xbox One bisa membeli 3 atau 4 TB untuk menyimpan game.
  • Xbox One memiliki noise yang sangat rendah dan juga daya watt yang sangat rendah pada saat melakukan active background download dibanding Xbox 360.
  • Xbox One Region FREE, sehingga tidak ada batasan daerah dan mesin yang harus Anda beli. Berbeda dengan Xbox 360 yang membutuhkan versi tertentu NTSC / PAL. Xbox One Game dapat dimainkan tanpa hambatan.
  • Xbox One mendukung Backup Compatible yakni dapat memainkan beberapa game terpilih dari Xbox dan Xbox 360. Dengan ribuan game didukung membuat kamu dapat bernostalgia 

Pada bulan November 2014, Xbox One telah di jual 10 Juta konsol dan untuk pertama kalinya Microsoft berhasil menjual konsol dengan jumlah demikian. Penjualan itu juga menyamai jumlah penjualan konsol selain Xbox One.Terlepas dari nilai keunikan Xbox One, Xbox One memiliki pekerjaan rumah besar yang harus diperbaiki seperti:

  • Ukuran mesin yang besar dan tidak cocok untuk ruang yang sempit. Xbox One X dan Xbox One S menjawabnya walau belum sekecil Xbox 360 E. 
  • Update Game pada Xbox One yang berukuran besar dan mengganggu pengguna yang hendak bermain secara instan.
  • Harga Game Xbox One digital yang masih terlalu mahal dibanding dengan versi fisik.

Di Indonesia, Xbox One telah hadir di beberapa retail besar game di Indonesia dengan konfigurasi penjualan bersama kinect ataupun tidak bersama Kinect. Versi Xbox One khusus seperti Sunset Overdrive, Call Of Duty juga tersedia di Indonesia.

Saat ini terdapat tiga jenis Xbox One yang dapat kamu peroleh: 

  • Xbox One. Versi pertama Xbox One. 8 GB RAM dengan storage 512 - 2 TB. 
  • Xbox One S. Versi kedua Xbox One yang dikenal dengan versi slim Xbox One. Xbox One S memiliki keunggulan selain ukurannya yang kecil dia juga memiliki dukungan 4K HDR dan juga adapter internal. Xbox One S memiliki spesifikasi yang sama dengan Xbox One. 
  • Xbox One X, versi ketiga Xbox One dikenal dengan Xbox One Scorpio. Xbox One X memiliki keunggulan dukungan 4K native (3840x2160), Spesifikasi yang lebih tinggi 12 GB RAM dan kecepatan transfer data hingga 6 Teraflops (lebih cepat 33% dari Sony PS 4 Pro) 

Xbox One mana yang cocok untukmu Sob? ayo diskusikan di Facebook XBOX ID..